kelas online

Pilihan Platform Belajar Online Pendukung Selama Libur Pandemi Covid-19

Virus Corona atau dikenal juga dengan COVID-19 telah merebak dibanyak negara, termasuk salah satunya Indonesia. Peningkatan jumlah suspect Corona terus mengalami kenaikan, hingga informasi terakhir yang diturunkan oleh pemerintah, ada 686 kasus orang yang positif virus yang menyerang saluran  pernapasan ini.

Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Indonesia menerbitkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah bagi siswa jenjang usia dini hingga menengah atas, kecuali siswa SMK yang memang sedang dalam ujian. Termasuk kegiatan perkuliahan pun diliburkan untuk sementara.

Belajar Online, Mengapa tidak?

Liburnya kegiatan belajar disekolah tidak serta merta meniadakan kegiatan belajar siswa, seluruh kegiatan belajar akan digantikan secara daring (online) agar siswa tetap dapat mengakses kegiatan pembelajaran dari rumah.

Siswa pun dapat memanfaatkan berbagai platform pembelajaran online yang tersedia. Selain platform belajar online yang dikembangkan sendiri oleh pihak sekolah maupun universitas, para siswa juga dapat mengakses berbagai platform belajar online yang telah dikembangkan oleh beberapa startup di Indonesia.

Dikutip dari akun instagram sosial media kemdikbud.id telah merilis beberapa startup yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengakses pembelajaran online. Beberapa platform yang menyediakan sarana belajar online di rumah, antara lain:

Platform Belajar Online

Rumah belajar : https://belajar.kemdikbud.go.id

Rumah belajar adalah platform belajar online yang dimiliki oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Para peserta didik dapat mengakses pembelajaran secara online dari rumah.

Google G Suite for Education https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

Google for education adalah salah satu bentuk layanan dari google khusus untuk mengkases beberapa sumber belajar.

Kelas pintar : https://kelaspintar.id

Para siswa dapat dengan mudah mengakses beberapa kelas online di kelaspintar.id.

Microsoft Office 365 : https://microsoft.com/id-id/education/products/office

kelas online

Ini adalah salah satu layanan dari microsoft yang menyediakan berbagai kelas online untuk dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Quipper school: https://quipper.com/id/school/teachers

Quipper berisi kelas online yang dapat diakses dengan mudah.

Baca juga : Manfaat kegiatan menjiplak untuk anak usia dini

Ruangguru Online : https://sekolahonline.ruangguru.com

Ruangguru memberikan kemudahan bagi para siswa dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menyediakan kelas online gratis pada pukul 08.00-12.00.

Sekolahmu : https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Sekolah.mu merupakan salah satu startup yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar online.

Zenius : https://zenius.net/belajar-mandiri

Zenius menyediakan sumber belajar yang dapat diakses secara online bagi seluruh siswa.

Tidak ada alasan untuk berhenti belajar selama Covid-19 masih merebak. Tetap jaga kesehatan, belajar dirumah melalui beberapa platform diatas.

Skula Edu

Selamat Belajar Semua!

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...