banner Membuat game android mudah menggunakan GDevelop

Membuat game android mudah menggunakan GDevelop

Membuat game android itu mudah? sebelum lebih jauh pembahasannya kita perlu mengenai si robot hijau “android”. Sistem Operasi Mobile yang dimiliki oleh Google tersebut laris manis. Menyandang nama besar “raksasa teknologi” dunia, Android diterima masyarakat dengan cepat. Penamaan sistem operasi ini terbilang unik, sesuai abjad agar mudah diingat. Mulai generasi ke-1 sampai generasi ke-9 saat ini menggunakan nama-nama makanan.

Salah satu portal teknologi terkenal, jalantikus.com, menjelaskan dari A – Z tentang OS android. Alhasil, pengguna gadget yang menggunakan sistem operasi android harus terus update. Bukan hanya update androidnya, tapi juga update gadget terbaru, hehehe… Kenapa? karena setiap pabrikan smartphone akan selalu menggunakan generasi terbaru dari OS android tersebut untuk menjalankan fitur terbarunya.

OK, langsung pada point judulnya saja ya karena itu tadi hanya pembukaan. Perkembangan game android saat ini begitu pesat karena pengguna gadget sebagian besar pasti menggunakan OS android. Ya… meskipun ada sistem operasi lain seperti iOS yang dikembangkan oleh Apple. Dengan segala kelebihan OS Android yang inklusif atau “merakyat”, tentu penggunanya lebih banyak jika dibandingkan iOS.

game android yang digunakan pada gadget smartphone
Game Android pada gadget (sumber: fossbytes.com)

Pabrikan gadget apapun, kecuali produk Apple dipastikan menggunakan OS Android. Cukup bermodalkan email google atau gmail, pengguna dapat merasakan fitur-fitur OS android khususnya game. Daftar permainan elektronik yang disediakan melimpah, dari yang gratis sampai yang berbayar. Dari yang sederhana untuk anak-anak, sampai yang rumit untuk usia dewasa.

Game android yang tersedia di play store dikembangkan oleh developer pemula sampai tingkatan korporasi atau perusahaan. Jadi siapapun bisa berkontribusi untuk membuat dan mempromosikan game yang dikembangkan. Bagi pemula, tentu yang ada dibenak pertama kali adalah bagaimana cara membuat game yang mudah. Bahkan bila perlu ditambahkan kata gratis, khususnya aplikasi yang digunakan untuk membuatnya.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat game android? Berikut adalah ulasan ringan yang akan membantu Anda memahami dasarnya;

Baca Juga: Mengenal Bagian dan Cara Kerja Komputer

Membuat game perlu peralatan tempur yang mumpuni

penampakkan hardware komputer bagian dalam
Hardware komputer bagian dalam (sumber: unsplash.com)

Laptop atau PC menjadi alat “tempur” utama dalam mendevelop game. Dukungan prosesor, RAM, dan VGA yang mumpuni adalah faktor utama. Prosesor dengan spesifikasi 64 bit wajib digunakan. Bagaimana cara mengeceknya? Portal teknologi seperti winpoin telah memberikan ulasannya mengenai hal itu. Mau menggunakan prosesor intel maupun AMD boleh-boleh saja. Asalkan powerfull, misalnya menggunakan Intel core i9 atau AMD Ryzen hehehe…

Spesifikasi RAM minimum yang disarankan hendaknya 4 gigabyte. Tapi saat ini kapasitas maksimum RAM pada mainboard laptop atau PC sampai dengan 16 gigabyte. Bahkan beberapa perangkat mampu menampung sampai dengan 32 gigabyte. Tentunya diikuti dengan kemampuan Anda dalam menyediakan budget yang cukup besar.

Kebutuhan VGA dalam mengembangkan game perlu dipertimbangkan. Mengingat game adalah hasil karya audio visual bergerak, maka peralatan pengolah grafis diperlukan. Untuk perangkat PC lebih fleksibel dibandingkan laptop. Karena PC menyediakan slot khusus untuk menambahkan amunisi VGA card. Sedangkan laptop tidak memiliki kemampuan tersebut. Hanya pabrikan yang bisa menambahkan VGA tersebut.

Membuat game menggunakan aplikasi yang mudah dan gratis

Setiap orang berpikir bahwa mendevelop aplikasi membutuhkan kemampuan “ngoding”. Yap! ngoding merupakan kemampuan menterjemahkan konsep ke dalam baris-baris kode tertentu. Kode-kode tersebut bisa beribu-ribu baris yang fungsinya memberikan instruksi kepada aplikasi. Mumet dan perlu perjalanan panjang sampai kode-kode tersebut menempel di otak kita.

membuat game menggunakan gdevelop
Ruang Kerja untuk membuat game menggunakan GDevelop (sumber: gdevelop-app.com)

Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan kemampuan koding utuh. Beberapa butuh setengah-setengah, 50% “ngoding” dan 50% ikut framework yang ada. Sesuai judul di atas, maka yang paling enak adalah pilihan ke-2, fifty-fifty. Salah satu aplikasi yang penulis gunakan adalah GDevelop. Aplikasi ini dipilih karena lebih enteng dijalankan dan sifatnya yang open source, alias gratis.

Baca Juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Permudah Kuliah Online

Aplikasi ini terbilang sederhana dengan tampilan yang friendly. Tampilannya jauh dari kesan menakutkan dari kata “ngoding”. Perintah-perintah dalam membuat game hampir dapat dikatakan tinggal “klak-klik” saja. Jadi para developer pemula harus memahami istilah-istilah dalam membuat game di GDevelop. Tapi yang membuat senang adalah aplikasi ini gratis, tapi kalau mau donasi juga boleh hahaha…

Aset game yang lengkap

Contoh aset untuk membuat game (sumber: favpng.com)

Membuat game hampir sama dengan membuat video. Keduanya memerlukan aset yang lengkap sesuai dengan tema. Apa saja aset yang diperlukan? aset utama yang harus ada adalah gambar. Kita ambil satu tema game untuk memudahkan analogi berpikir. Kalau kita ingin membuat game dengan tema biota laut dengan pemeran utama si kepiting. Maka aset gambar yang kita perlukan adalah si kepiting dengan berbagai macam pergerakkan.

Gambar si kepiting melompat, berlari, berjalan, menggerakkan capit atau supit perlu disediakan. Belum lagi jika si kepiting harus berubah jika diberikan “perlakuan” khusus. Bagaimana gambar kepiting saat mati jika menghantam musuh atau objek berbahaya lainnya. Lebih menantang lagi si kepiting bisa berubah bentuk saat levelnya semakin meningkat. Maka perlu aset yang lengkap bagi si “aktor” utama.

Selain aset utama, aset pendukung seperti gambar laut, biota laut lainnya, gambar “musuh” si kepiting juga harus ada. Maka aset gambar menjadi hal vital. Cara mendapatkan aset untuk game bisa dilakukan dalam 2 cara. Pertama, menggaji seorang desain garfis untuk membuatkan aset-aset tersebut. Tentunya cara ini memakan waktu cukup lama dan berbiaya relatif mahal.

Cara kedua yang lebih rasional adalah mendownload aset game yang tersedia. Cara ini bisa gratis dan bisa juga berbayar, silahkan dipilih. Untuk yang gratis kita bisa pakai Game Art 2D sedangkan yang berbayar bisa menggunakan Craftpix Premium. Kalau untuk pemula, bisa dicoba untuk yang versi gratisan dengan list aset yang seadanya.


Hasil karya game (tahap pengembangan) penulis dapat Anda download pada laman ini. Kami membuka kesempatan untuk belajar membuat game bagi para pemula. Siapapun boleh mendaftarkan diri, dengan catatan berniat dan berusaha serius. Info teknis atau metode belajar serta biaya silahkan menghubungi link WA.

Penulis

Ari Ardhana, S.Pd. adalah staff IT Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Beberapa aplikasi yang telah dikembangkan: aplikasi peta mutu pendidikan, aplikasi PAK (Penilaian Angka Kredit) Guru, aplikasi Monev (Monitoring & Evaluasi) Pendidikan, SIAKAD Perguruan Tinggi, dan sebagainya.

Hari ini belajar, esok menuai hasil. Perubahan dunia tidak akan menunggumu, ia akan berjalan dan berlari bersama orang-orang yang terus belajar.

Ari Ardhana, S.Pd. (Surabaya, 11 April 2020)

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...