banner darurat covid-19 di indonesia

Melawan Covid-19 menjadi gerakan di Seluruh Indonesia

Melawan Covid-19 di seluruh Indonesia menjadi gerakan serentak di awal maret 2020. Setelah pertama kali ditemukan di kota Wuhan negara China. Kurang dari 6 bulan virus corona menyebar ke seluruh negara dengan cepat. Pada akhir 2019 virus ini menjadi perhatian dunia karena masifnya efek yang ditimbulkan. Bukan hanya masalah kesehatan, namun efek ekonomi, sosial, dan sebagainya juga terdampak.

Virus yang memiliki karakteristik penularan secara droplet (percikan cairan) sudah menyebar di 202 negara. Menurut WHO pertanggal 10 April 2020 sudah terjadi 1.439.516 juta kasus dengan angka kematian 85.711 ribu jiwa. Dapat dibayangkan angka yang fantastis tersebut, tentunya kerugian yang cukup besar dalam bidang-bidang lainnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi persebaran virus corona di Indonesia? Berikut adalah ringkasan statistik persebaran secara nasional:


TOTAL POSITIF

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

ORANG

Sembuh

TOTAL MENINGGAL

ORANG

Meninggal

INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia

Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

Gerakan melawan covid-19 bisa kita lakukan dengan beberapa cara yakni;

  1. Mencari informasi yang tepat mengenai covid-19 melalui media yang dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Mengikuti prosedur tetap (protap) yang telah ditetapkan oleh pemerintah semaksimal mungkin.
  3. Membiasakan hidup bersih dan sehat dengan menjaga lingkungan, makan bergizi, dan menggunakan alat pelindung diri (APD)
  4. Berdoa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa agar dijauhkan dari segala macam penyakit dan segera diangkat wabah covid-19 ini

Baca Juga: Pilihan Platform Belajar Online Pendukung Selama Libur Pandemi Covid-19

Gerakan melawan covid-19 dimulai dengan mendapatkan informasi yang benar

Setiap negara di dunia yang sedang melawan covid-19 mungkin akan membuat media center. Isinya tentu tentang kondisi realtime mengenai persebaran virus corona. Indonesia sendiri memiliki situs resmi pemerintah covid19.go.id yang berisi berita, sebaran, edukasi, protokol mengenai covid-19.

Bahkan pada tingkat pemerintah daerah atau provinsi, kabupaten, dan kota beberapa juga ikut serta membuka media center. infocovid19.jatimprov.go.id (Pemprov Jatim) dan lawancovid-19.surabaya.go.id (pemkot Surabaya) keduanya merupakan contoh portal masyarakat untuk mengetahui informasi covid-19 terkini.

Melawan covid-19 dengan mengikuti Prosedur Tetap (Protap) Pemerintah

Pada masa pandemi covid-19 setiap daerah diberlakukan aturan khsusus. Tujuannya adalah mencegah penyebaran serta memutus mata rantai infeksi virus corona. Polemik di masyarkat tentu terjadi, ada yang pro dan kontra. Tentu tidak semua orang mampu menjalankan protap pemerintah. Beberapa orang tercukupi kebutuhan hidupnya dan beberapa lainnya tidak demikian.

Pemerintah perbulan April 2020 mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Upaya tersebut bertujuan baik, demi kebaikan dan keselamatan masyarakat Indonesia. Dampak aturan tersebut memang cukup besar. Pembatasan operasional transportasi, pembatasan pelayanan publik, bahkan pembatasan aktivitas perpindahan dari dan ke daerah juga terjadi.

Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (GERMAS)

gerakan melawan covid-19 melalui poster jaga diri dan keluarga dengan melakukan germas
Poster GERMAS (sumber: covid19.go.id)

Protap pemerintah perlu diikuti oleh upaya kita untuk menjaga dan melindungi diri. Sistem imun harus selalu dijaga bahkan harus ditingkatkan. Pemberlakukan social distancing, physical distancing, bahkan PSBB pun tidak akan efektif tanpa upaya GERMAS. Gerakan ini dilakukan oleh setiap individu dalam keluarga sebagai kelompok masyarkat terkecil.

Ikhtiar & Tawakal kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa

Mungkin sebagian orang saat masa-masa sulit seperti ini mengalami stres. Gelisah dan khawatir dengan kondisi penyebaran virus corona yang semakin meluas. Atau mungkin tidak dapat menjalankan aktivitas pekerjaan seperti biasanya. Hal ini wajar karena sejak awal Maret 2020 sejak pemerintah mengumumkan darurat covid-19 beberapa aktivitas terganggu.

Sekolah dan kampus diliburkan, bahkan ujian ditiadakan. Sampai kapan? tentunya sampai kondisi sudah stabil. Beberapa aktivitas perkantoran dan tempat usaha juga sudah mengurangi jam operasional. Bahkan sampai pada tahap tutup sementara yang mengakibatkan karyawan dirumahkan. Kondisi seperti ini tentu menambah beban masyarakat, khususnya kelas menengah – bawah.

Kita berharap pemerintah juga memberikan solusi atas kebutuhan dasar hidup selama masa pandemi ini. Dan yang terpeting adalah kita berusaha mencari aktivitas lainnya. Yang pada akhirnya kita harus menyerahkan segala hajat hidup pada yang Maha Memberi Hidup, Allah Tuhan yang Maha Esa.

Tiada sesudah kesulitan itu kecuali kemudahan. Ada pelajaran dalam setiap peristiwa. Allah hendak mengingatkan, lalu apakah manusia akan belajar dan memperbaiki diri?

Sabar (Surabaya, 10 April 2020)

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...