banner mengenal bagian dan cara kerja komputer

Bagian-Bagian Komputer dan Cara Kerjanya

Bagian komputer dan cara kerjanya secara garis besar dibagi menjadi 3 (tiga). Pertama, bagian input yang berfungsi untuk memberikan masukkan data. Kedua, bagian process yang berfungsi untuk mengolah data. Ketiga, adalah bagian output yang berfungsi untuk menampilkan data hasil olahan.

penampakan komputer bagian dalam
sumber: pixabay.com

Sebelum lebih lanjut membahas tentang bagian dan cara kerja komputer. Anda perlu mengenal mainboard atau papan induk pada komputer. Mainboard adalah tempat dimana seluruh bagian komputer saling terhubung. Apakah mainboard wajib ada? Ya, harus ada. Perangkat tersebut wajib ada, bahkan laptop dan smartphone Anda pasti ada.

Bagian Komputer “Induk”: Mainboard

Ada beberapa istilah yang perlu Anda kenal mengenai mainboard. Pertama adalah Port, sebagai jalur atau “pintu masuk” sekaligus “pintu keluar”. Data yang masuk melalui perangkat input-tan masuk dan keluar melalui port. Ada beberapa port standar yang biasanya tersedia pada komputer, yakni:

PortJenisFungsi
USBUSB 2.0, USB 3.0, USB Type CKonektifitas dengan perangkat lain: flashdisk, printer, dan sebagainya
DisplayVGA Standar, DVI, HDMIKeluaran untuk tampilan komputer
JaringanLAN (RJ-45)Konektifitas dengan kabel jaringan atau internet
AudioKonektifitas untuk masukan atau keluaran suara
PS/2Masukkan untuk mouse / keyboard (versi lama)
penampakkan port pada mainboard komputer
Port pada Mainboard (sumber: built your own computer)

Istilah kedua adalah socket, sebagai “rumah” dudukan prosesor (otak komputer. Pada komputer personal, prosesor bisa dilepas-ganti. Berbeda dengan laptop atau smartphone yang umumnya permanen. Perlu dipahami bahwa socket pada mainboard terbagi menjadi 2 jenis yakni, socket Intel dan socket AMD. Berikut adalah perbedaan masing-masing socket tersebut:

Jenis SocketTipe Socket
IntelLGA 775, LGA 1155, LGA 1150, LGA 1151, LGA 2066, LGA 2011
AMDAM1, AM2, AM3, AM4, FM2+, TR4,

Tipe socket prosesor di atas disesuaikan dengan generasi prosesor yang digunakan. Untuk saat ini prosesor generasi terbaru dari intel berada pada generasi ke-9 dengan kode Bassin Fall. Sedangkan generasi prosesor terbaru AMD diduduki oleh AMD Ryzhen.

penampakkan socket prosesor pada mainboard komputer
Socket Prosesor pada mainboard (sumber: digitaltrends.com)

Istilah ketiga adalah slot, sebagai “rumah” untuk meletakkan perangkat tambahan. Slot yang paling inti adalah untuk perangkat memory (RAM) pada komputer. Biasanya slot memory terdiri dari 2 sampai 4 baris (tergantung pabrikan mainboard). Slot lainnya yang bersifat pilihan adalah slot kartu grafis (VGA Card) dan slot PCI lainnya.

penampakkan slot RAM VGA PCI pada mainboard
Slot Komputer: bagian berwarna biru dan putih dengan bentuk memanjang (sumber: kaskus.id)

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai bagian-bagian komputer lainnya secara detail.

Baca Juga: Small SEO Tools, Situs Cek Plagiasi gratis!

Power Supply Unit (PSU)

Power Supply Unit atau yang lebih enteng kita sebut sebagai PSU adalah sumber tenaga inti pada komputer. PSU menyuplay listrik tegangan rendah (listrik DC) dari listrik yang bertegangan tinggi (listrik AC). Tenaga tersebut disalurkan ke masing-masing perangkat di mainboard dan perangkat tambahan lainnya.

power supply unit
Power Supply Unit (PSU) Komputer (sumber: pixabay.com)

Titik yang perlu diberikan suplai tenaga oleh PSU adalah; mainboard, prosesor, perangkat penyimpanan (hardisk/SSD), perangkat optik (DVD/blueray), kartu grafis (jika diperlukan). PSU biasanya satu paket dengan cashing komputer yang kita beli. Namun, dipasaran disediakan PSU dengan kualitas yang lebih baik.

Bagian Komputer “Inti”: Prosesor

Prosesor atau yang lebih familiar disingkat “proci” adalah otaknya komputer. Salah satu komponen termahal pada komputer adalah prosesor. Dalam dunia komputasi, prosesor dibedakan menjadi 2 berdasarkan fungsinya yakni; prosesor server dan prosesor desktop. Prosesor server digunakan untuk kebutuhan membangun komputer induk. Komputer ini mempunyai tugas menyediakan sumber data dan mengatur lalu lintas data.

Sedangkan komputer desktop atau personal digunakan untuk pekerjaan pribadi (end user). Prosesor untuk kedua jenis komputer tersebut juga berbeda sepesifikasi. Produsen prosesor yang mendunia saat ini adalah Intel dan AMD. Nama Intel lebih membumi dibandingkan AMD di kalangan masyarakat. Apalagi kalau mendengar kata “pentium”, tentu generasi prosesor ini pernah menjadi trending.

bentuk prosesor intel dan amd
Prosesor Intel dan AMD (sumber: pcgamesn.com)

Istilah pada prosesor yang perlu kita ketahui adalah; clock speed, generasi, dan cache. Clock speed merupakan penyebutan seberapa cepat prosesor dalam mengolah data dengan satuan GHz (giga hertz). Sedangkan generasi merupakan informasi tentang level atau tingkat sebuah prosesor diproduksi. Semakin tinggi generasi, semakin cepat performa dan semakin muda umur prosesor tersebut.

Cache prosesor merupakan ukuran tenaga “bantuan” sebuah prosesor melakukan kinerja. Ukurannya dalam satuan MB (megabyte) dan sebuah prosesor memiliki kecepatan cache lebih dari satu. Pemilihan prosesor akan menentukan mainboard yang digunakan. Kenapa seperti itu? karena masing-masing prosesor memiliki tipe socket yang berbeda.

Memory (RAM)

Memory secara dasar terbagi menjadi 2 yakni; ROM dan RAM. ROM adalah jenis memori yang menyimpan data secara permanen. Pada saat menghidupkan komputer terdapat program bawaan dari pabrikan mainboard. Nah, disitulah letak memori ROM yang sudah “ditulis” oleh pabrikan.

Sedangkan RAM adalah memori yang fungsinya menyimpan data sementara dan membantu kinerja prosesor. Jika prosesor sedang menjalankan tugasnya mengolah data. RAM menunggu perintah dari prosesor untuk menampung data serta instruksi temporer yang dibutuhkan.

Semakin besar kapasitas RAM yang dibenamkan dalam komputer. Semakin baik kinerja komputer yang digunakan untuk mengolah data. Serta semakin baik pula kinerja dalam menjalankan aplikasi atau program yang digunakan.

bentuk RAM Long DIMM dan SODIMM
RAM pada Komputer (sumber: nesabamedia.com)

Perkembangan komputer yang semakin maju juga berdampak pada RAM tersebut. Apa yang saja? bentuk, jenis, dan konfigurasinya. Berikut penjelasan singkatnya:

JenisKonfigurasiModule
DDR 1DDR 200, 266, 333, 400PC 1600, 2100, 2700, 3200
DDR 2DDR 400, 533, 667, 800, 1066PC 3200, 4200, 5300, 6400, 8500
DDR 3DDR 800, 1066, 1333, 1600PC 6400, 8500, 10600, 12800
DDR 4DDR 1600, 2400, 2666, 3000, 3200PC 12800, 19200, 21333, 23466, 25600

Jenis DDR 1 dan DDR 2 saat ini sudah jarang ada di pasaran. Saat ini DDR 3 dan DDR 4 adalah generasi RAM yang umum digunakan. Angka-angka di atas menunjukkan kecepatan RAM yang semakin besar. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin kompleks. Jenis, konfigurasi dan module RAM tersebut menyesuaikan spesifikasi mainboard.

RAM komputer mempunyai ukuran kapasitas dalam satuan MB (megabyte) sampai GB (gigabyte). Semakin besar ukuran RAM, semakin baik pula kinerjanya. Dalam hal bentuk, RAM dibedakan menjadi 2 yakni; Long DIMM atau dan Short DIMM atau SODIMM. Pada komputer personal biasanya menggunakan bentuk LDIMM. Sedangkan pada laptop menggunakan bentuk SODIMM.

Perangkat Penyimpanan

Setiap komputer mempunyai perangkat penyimpanan data. Data yang dimaksud adalah sistem operasi (OS) serta data personal seperti teks, audio, video, dan jenis data lainnya. Salah satu perangkat penyimpanan yang populer digunakan adalah hardisk. Dalam satu komputer personal dapat dimuat lebih dari satu hardisk.

Hardisk merupakan perangkat penyimpanan dengan teknologi piringan magnetik. Piringan tersebut berputar dalam satuan RPM (Revolutions Per Minute), mulai dari 5400 – 1000 RPM. Kapasitas penyimpanan hardisk diukur dalam satuan GB (gigabyte) sampai TB (terabyte). Kapasitas hardisk pada awal tahun 2000an mulai dari 10 GB sampai saat ini mencapai 4 TB.

perbandingan hardisk dan ssd
Tampilan SSD dan Hardisk Komputer (sumber: bagitekno.net)

Evolusi dari storage device saat ini berkembang pesat. Muncul SSD (Solid State Drive) sebagai pengganti hegemoni atau “penguasa” perangkat penyimpanan. SSD menggunakan teknologi IC (Integrated Circuits) yang mirip “wafer” atau chip. Saat ini SSD hadir dalam ukuran 120 GB, 240 GB, sampai 1 TB. Harga SSD relatif lebih mahal dibandingkan hardisk, kira-kira 4 – 6 kali lipat.

Kartu Grafis (VGA Card)

Sebenarnya kartu grafis pada beberapa mainboard sudah disediakan. Biasanya disebut VGA onboard atau VGA yang sudah tertanam. Sehingga kebutuhan untuk menggunakan kartu grafis tidak dibutuhkan. Kecuali kita menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan dengan beban lebih berat. Misalnya kita ingin menggunakan aplikasi pengolah grafis atau video.

vga card nvidia geforce
Kartu Grafis tambahan untuk Komputer (sumber: nvidia.com)

Apakah dengan pekerjaan standar perkantoran seperti mengetik, membuat presentasi, kalkulasi keuangan bisa dipasang VGA card? Jawabannya, tentu bisa. Justru kehadiran kartu grafis akan meningkatkan kinerja komputer. Namun, perlu diketahui bahwa harga yang relatif mahal perlu dijadikan pertimbangan. Bukan hanya itu, kebutuhan suplai tenaga juga harus mumpuni. Maka komputer sedapat mungkin terpasang PSU yang memadai.

Pada RAM kita mengenal DDR, untuk kartu grafis terdapat istilah GDDR. GDDR menunjukkan memori yang digunakan lebih kepada pekerjaan grafis. Untuk satuan kapasitas memori juga menggunakan satuan MB (megabyte) dan GB (gigabyte). Selain itu terdapat istilah BIT, yakni standar kualitas grafis yang dapat dihasilkan. Saat ini tersedia kartu grafis dengan ukuran 1 GB – 8GB dengan kualitas 64 BIT – 192 BIT.

sabar dosen stie ibmt

Penulis

Sabar, S.Pd., M.Pd. adalah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE IBMT Surabaya. Mengampuh mata kuliah Aplikasi Komputer dan Manajemen Informasi Sistem.

Kontak:
sabar@ibmt.ac.id
IG: sabar.blog
Web: sielo.id

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...