aplikasi video conference

5 Aplikasi Video Conference untuk Permudah Kuliah Online

Kuliah online saat ini bukan menjadi hal yang asing lagi bagi mahasiswa di Indonesia. Apalagi ditengah merebaknya pandemi Covid-19, hampir di seluruh dunia menerapkan sistem perkuliahan berbasis online.

Apa itu Kuliah Online?

Kuliah online atau online lecturer adalah salah satu bentuk perkuliahan yang memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajarnya. Biasanya perkuliahan online diadakan karena beberapa sebab, diantaranya karena dalam perkuliahan ini mahasiswa yang ada tidak dapat datang secara langsung untuk bertatap muka dengan dosen, atau seperti kondisi yang ada saat ini, yaitu merebaknya virus pandemik yang menyebabkan seseorang tidak mungkin dapat bertatap muka antar satu dengan yang lainnya.

Bagaimana Sistem Perkuliahan secara Online?

dalam sistem perkuliahan secara online, mahasiswa tidak dituntut untuk aktif datang ke kampus, namun mahasiswa diminta untuk dapat online pada jam-jam tertentu sesuai kesepakatan antara dosen dengan mahasiswa. Dosen dan mahasiswa pun dapat berinteraksi dengan biasa, melakukan presentasi, tanya jawab, hingga berdiskusi, tentu saja media perantaranya adalah internet serta layar gadget masing-masing.

Dosen pun biasanya akan melampirkan materi berupa file yang dapat diunduh oleh mahasiswa untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain itu, dosen juga bisa memberikan tugas-tugas untuk mahasiswa agar bisa menjadi bahan penilaian.

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Kuliah Online pun memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kuliah online:

Kelebihan Kuliah Online

Dalam pelaksanaannya, kuliah online memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Perkuliahan dapat diakses dari mana saja, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh datang ke kampus.
  2. Menghemat biaya transportasi bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari kampus.
  3. Mahasiswa dapat melihat kembali materi perkuliahan yang telah dikirimkan oleh dosen.
  4. Perkuliahan lebih fleksibel, mahasiswa tidak merasa grogi karena berhadapan langsung dengan dosen.
  5. Sebagai sarana mahasiswa untuk melatih tanggung jawab terhadap perkuliahan yang telah diambil.

Kekurangan Kuliah Online

Selain beberapa kelebihan yang telah dijelaskan diatas, kuliah online juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Harus memiliki koneksi internet yang lancar. Koneksi internet yang tersendat akan menjadikan kuliahmu terhambat.
  2. Gadget atau peralatan eletronik yang digunakan harus memadai.
  3. Mahasiswa akan mengalami kesulitan berkomunikasi secara langsung dengan dosen.
  4. Mengandalkan sikap disiplin pada mahasiswa untuk dapat mengakses perkuliahan online.

Perkuliahan online sedianya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi, salah satunya berbagai macam aplikasi video conference. Mengapa video conference? karena dengan menggunakan aplikasi video conference, mahasiswa dan dosen dapat bertatap muka secara langsung, menjadikan kegiatan perkuliahan online terasa lebih hidup.

Setelah membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari kuliah online, berikutnya adalah pembahasan tentang aplikasi video conference apa saja yang dapat digunakan dalam kuliah online.

Aplikasi Video Conference yang dapat digunakan dalam Kuliah Online

Berikut adalah 5 aplikasi video conference yang dapat digunakan untuk perkuliahan online:

Zoom

Zoom merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media video conference pada perkuliahan online. Layanan video conference ini memiliki kantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat.

Zoom sendiri memiliki dua fitur, Zoom Room dan Zoom Meeting. Keduanya dapat digunakan pada kegiatan video conference, namun bedanya, jika Zoom Room akan difasilitasi layaknya “ruang” tersendiri bagi para penggunanya.

Semenjak adanya pandemi Covid-19, pengguna Zoom mengalami kenaikan yang pesat. Banyak instansi pemerintahan maupun pendidikan yang menggunakan aplikasi ini. Bahkan, Presiden Joko Widodo pun menggunakan aplikasi Zoom untuk dapat melakukan rapat koordinasi bersama para menterinya.

Jitsi Meet

Jitsi Meet adalah aplikasi video conference yang mudah untuk digunakan. Mengapa disebut mudah? Karena Jitsi Meet tidak memerlukan penggunanya untuk sign up atau membuat akun pada aplikasi ini. Pengguna dapat langsung membuat kelas dan mengetikkan “Go” pada layar, dan kemudian membagikan link kelas tersebut kepada pesertanya.

Roundee

aplikasi video conference

Roundee dapat dikatakan sebagai aplikasi video conference yang cukup komplit. Itu karena fitur-fitur yang terdapat di Roundee cukup lengkap, seperti adanya fitur timestamp notes yang dapat digunakan untuk menandai mana saja bagian-bagian dari meeting yang penting. Selain itu, ada fitur share screen berupa layar putih yang memungkinkan setiap peserta untuk membagikan ide-ide penting.

Roundee dalam versi gratis juga cukup lengkap dan memadai untuk digunakan sampai dengan 14 peserta. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan anda melakukan sign up terlebih dahulu.

Whereby

aplikasi video conference

Whereby adalah salah satu dari aplikasi yang sering digunakan dalam kegiatan video conference. Whereby ini sebenarnya adalah aplikasi yang berbayar, namun juga menyediakan versi gratisan dengan minimnya pengguna atau peserta. Whereby versi gratis dapat digunakan oleh maksimal 4 orang saja, namun tidak mengurangi kualitas video maupun audionya.

Whereby sendiri memiliki dua fitur, screen sharing dan lock room yang memungkinkan anda untuk mengunci ruang rapat, sehingga peserta yang ingin masuk harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu.

Microsoft Teams

aplikasi video conference

Microsoft Teams adalah salah satu bentuk layanan dari microsoft yang dapat digunakan untuk video conference. Microsoft Teams baru saja merilis versi gratis pada pertengahan tahun 2018.

Microsoft Teams memiliki fitur yang cukup lengkap. Seperti halnya fitur penyimpanan. Jika anda menggunakan versi gratis, maka Microsoft Teams akan menyediakan space penyimpanan hingga 2 GB, dan 10 GB untuk komunitas. Fitur penyimpanan ini dapat diupdate hingga 1 TB jika anda menggunakan fitur berbayar.

Selain itu, Microsoft Teams juga dilengkapi dengan fitur pesan yang komplit sehingga memudahkan anda untuk dapat berbagi pesan ke sesama anggota.

Nah, itu tadi 5 ulasan tentang aplikasi video conference yang dapat digunakan dalam perkuliahan online. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...