iklan google adwords

4 Langkah Memasang Iklan Google Adwords

Iklan google adwords atau iklan google ads itu hampir sama dengan iklan-iklan lainnya seperti Instagram Ads dan Facebook Ads. Bentuk “ads” tersebut menggunakan “mesin” dari masing-masing platform untuk mengoptimasi iklan yang kita pasang.

Gratis atau berbayar? Yang pasti berbayar…

Beberapa perusahaan mungkin menggunakan jasa iklan google adwords yang ada di pasaran. Tentu ini pilihan, bagi perusahaan yang memiliki tim marketing digital hal ini sebenarnya tidak perlu. Tapi bagi yang tidak memiliki SDM tersebut, pilihan menggunakan jasa iklan google adwords murah menjadi prioritas.

Berapa biaya iklan google adwords? cukup fleksibel sesuai dengan budget dan target yang diinginkan.

Iklan di google adwords menjadi salah satu pilihan yang cukup rasional. Tentu kalian sepakat bahwa google merupakan raksasa IT yang cukup kredibel. Hanya dengan “search engine” si “mbak” google akan memberikan refrensi terhadap informasi yang dicari. Begitupun dengan iklan, tentu google akan memberikan kedudukan tertentu pada listing di “pejwan” baik di baris atas maupun bawah.

Contoh iklan google adwords yang nangkring di “pejwan” itu seperti apa sih?

Sebagai contoh saja, ketika ingin mencari layanan hosting, domain, dan web server. Kita mungkin pernah mendengarkan kata kunci Niagahoster kemudian kita ketik di search engine. Nah hasil yang muncul seperti pada gambar di atas. Baris pertama yang ada tulisan IKLAN adalah bentuk iklan google ads dari niagahoster.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk pasang iklan google adwords? Berikut penjelasan sederhananya cekidot

Baca Juga: 4 Kunci Bisnis Sukses

Memiliki Akun Google

Wajib memiliki akun google untuk membuat iklan google adwords. Kalian hanya perlu mengakses ads.google.com kemudian login dengan username dan password.

iklan google adwords

Setelah masuk dashboard google ads, kalian hanya perlu membuat kampanye baru sebagai iklan produk atau jasa yang ditawarkan.

Memiliki Website atau Landing Page

Jangan “Gas Pol” membuat kampanye baru sebelum kalian mempersiapkan bahan-bahan yang bermutu. Ingat, tujuan anda memasang iklan adalah mendapatkan traffic pengunjung sampai pada tingkat closing. Maka informasi penawaran produk atau jasa harus disusun sebaik dan sebagus mungkin.

Anda wajib mempelajari anatomi atau struktur landing page yang eatable. Calon pelanggan harus mengenyangkan otak pelanggan. Bahwa informasi yang kalian sajikan di sebuah halaman website sesuai dengan apa yang dicari. Ini benar-benar butuh perencanaan, bukan asal-asalan. Ingat, pelanggan kalian akan selalu membandingkan antara satu informasi dengan informasi lainnya.

Coba pelajari cara membuat landing page yang terstruktur di situs ini. Apa itu landing page ? Setiap website pasti memiliki beragam informasi dan tidak semua difungsikan sebagai comersial conversion gate. Ada yang hanya sekedar menampilkan informasi umum seperti tips dan trik, struktur perusahaan, dan lain sebagainya.

Istilah landing page paling mudah dipahami sebagai sebuah halaman khusus untuk “mendarat”kan calon pelanggan agar membaca, memahami, dan menggunakan layanan yang kita tawarkan.

Tiga kata yang harus diingat adalah; konversi tinggi, bagus, dan menarik.

Setup Iklan Google Adwords

Baiklah, yuk kita sama-sama praktek biar tambah “ngeh“…

iklan google adwords - sasaran utama iklan

Setelah kalian klik “membuat iklan baru”, muncul opsi sasaran iklan seperti pada gambar di atas.

Pilih salah satu sesuai dengan target yang diinginkan, apakah ingin mendapat banyak panggilan, ingin mendapat konversi penjualan mealui situs atau website, ataukah ingin dapat kunjungan ke lokasi secara langsung ?

Coba pikirkan dan diskusikan ! Kemudian pilih salah satu.

iklan google adwords - jenis bisnis

Klik “Bisnis Baru” jika sebelumnya tidak memiliki iklan yang ditayangkan atau kalian adalah “pengiklan” baru.

iklan google adwords - deskripsi bisnis

Tuliskan nama bisnis anda pada baris “Nama Bisnis”, misal “Penerbit Buku Kampus”. Kemudian masukkan website bisnis atau landing page yang dibuat sebelumnya. Kita masukkan saja misalnya https://www.cetakbukuajar.com/ atau alamat URL lainnya jika sudah dipersiapkan.

iklan google adwords - tetapkan jangkauan

Tentukan jangkauan iklan kalian sesuai dengan kemampuan layanan yang diberikan kepada calon pelanggan.

iklan google adwords - produk dan layanan

Tentukan kategori bisnis sesuai dengan layanan yang perusahaan berikan. Google ads memberikan beberapa rekomendasi seperti gambar di atas. Atau kalian bisa mengetikkan kategori bisnis kalian sendiri.

Pada bagian Produk atau layanan spesifik apa yang ingin Anda promosikan dalam iklan ini? masukkan kata kunci yang digunakan untuk menampilkan iklan kalian. Lakukan riset terlebih dahulu menggunakan tools seperti; neil patel atau google keyword planner. Jumlah pencarian yang lebih tinggi pada suatu kata kunci menentukan besaran biaya iklan google ads kalian.

Masukkan 3 kata kunci saja, cukup !

iklan google adwords - menulis iklan

Tuliskan judul 1 – judul 3 dengan menyajikan fokus layanan utama perusahaan. SPJ (singkat-padat-jelas) saja ya… Kemudian tuliskan deskripsi 1 dan deskripsi 2 untuk memberikan jabaran atau bisa diisi promo layanan perusahaan untuk meningkatkan engagement.

iklan google adwords - CTA

Untuk pemilihan sasaran iklan yang lebih mengutamakan banyak panggilan telefon, kalian perlu mencantumkan nomor telepon perusahaan atau handphone pribadi. Let’s get CTA (call to action).

iklan google adwords - tentukan anggaran

Google akan memberikan saran anggaran untuk setting iklan yang kalin lakukan. Namun, jika ingin menentukan anggaran iklan google ads sendiri, klik “Masukkan Anggaran Anda”.

iklan google adwords - anggaran sendiri

Setelah itu kalian diarahkan pada halaman Tinjauan Kampanye. Cek dan teliti kembali komponen iklan yang telah disusun. Klik EDIT jika ingin melakukan perubahan.

Melakukan Top Up Saldo Iklan

Setelah selesai melakukan pengaturan iklan, kalian perlu mengisi saldo iklan. Saldo ini akan digunakan untuk menayangkan iklan sesuai dengan optimasi “mesin” google. Setiap klik atau “action” yang mengarahkan kepada iklan kalian, saldo otomatis terpotong.

Langsung saja, klik alat dan setelan di pojok kanan atas.

iklan google adwords - setelan

Pilih Metode Pembayaran – Tambahkan Metode Pembayaran.

Pembayaran bisa dilakukan secara manual (transfer) maupun menggunakan kartu kredit. Isilah seluruh data yang diminta google ads untuk mendapatkan ID Akun Pembayaran dan ID Profil Pembayaran. Oh ya, beberapa negara termasuk indonesia bisa memilih untuk pembayaran secara manual. Anda akan mendapatkan semacam virtual account bank dari google untuk melakukan pengisian saldo.

Saldo otomatis akan terpotong PPN 10%. Lakukan pengisian saldo pada hari efektif, senin – kamis, untuk menghindari keterlambatan pengisian saldo dari pihak google.

Semoga paham dengan penjelasan tersebut. Btw, Iklan google adwords gratis ? Tidak ada yang gratis di dunia ini ferguso… kecuali kalian kenal sama Larry Page, bisa jadi dikasih kupon atau free pass. LOL !

Sekian terima kasih…

Tinggalkan komentar

Open chat
Diskusi yuk...