skula edu manfaat menjiplak

Simak 3 Manfaat Kegiatan Menjiplak bagi Anak Usia Dini

Banyak sekali kegiatan belajar pada anak usia dini yang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah kegiatan menjiplak. Menurut KBBI, kegiatan menjiplak memiliki definisi sebagai menggambar atau menulis garis-garis gambaran atau tulisan yang telah tersedia (dengan menempelkan kertas kosong pada gambar atau tulisan yang akan ditiru). Meskipun kegiatan menjiplak sering dikaitkan dengan kegiatan menirukan gambar orang lain, namun tak selamanya kegiatan menjiplak itu berkonotasi negatif.

Menjiplak dengan menirukan gambar atau garis pada sebuah kertas kosong ternyata memiliki beberapa manfaat bagi anak usia dini. Apa saja manfaat kegiatan menjiplak tersebut?

Mengembangkan Koordinasi Mata dan Tangan

Dalam kegiatan menjiplak, anak akan dilatih untuk dapat menggordinasikan mata dan tangan secara tepat . Dari kegiatan menjiplak pun, guru dapat mengasah kemampuan motorik halus anak dengan baik.

Baca juga : Berbagi Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mengembangkan Otak Kiri

Jika banyak yang beranggapan bahwa menjiplak itu mengasah otak kanan karena berhubungan dengan kegiatan menggambar, ternyata tidak juga. Menurut Marvin Bertel, seorang peneliti pendidikan, Kegiatan menjiplak justru melatih anak untuk dapat mengembangkan otak kiri. Hal tersebut karena dalam kegiatan menjiplak, anak mereproduksi ulang sebuah gambar dalam sebuah kertas yang memerlukan pemikiran atas ketepatan dan jarak.

Membiasakan Anak untuk Menggunakan Kertas dan Pensil

Dalam beberapa kasus anak usia dini, terkadang kita menemukan anak usia dini dengan beragam karakter. Salah satunya dari mereka ada yang tak begitu akrab dengan kertas dan pensil. Nah, kegiatan menjiplak ini bisa jadi salah satu alternatif untuk dapat membiasakan anak dengan kedua benda ini, pensil dan kertas yang akan bermanfaat untuk persiapan anak melaju ke jenjang belajar berikutnya.

Nah, itu dia tadi manfaat dari kegiatan menjiplak pada anak usia dini. Skula Edu pun menyajikan salah satu contoh kegiatan menjiplak. Simak dibawah ini ya!

baca juga: Ragam Jenis Permainan untuk Anak di Rumah

Inspirasi Kegiatan Menjiplak

Menjiplak Huruf dan Angka

Tujuan : Melatih anak untuk menirukan huruf dan angka melalui kegiatan menjiplak

Alat dan Bahan :

  1. Printable media huruf dan angka
  2. Kertas transparan (bisa menggunakan kertas roti, gunting sesuai kebutuhan atau media yang akan dijiplak)
  3. Alat tulis (pensil, penghapus, atau juga bisa pensil warna)

Kegiatan :

  1. Siapkan anak-anak untuk dapat duduk sesuai dengan tempatnya masing-masing.
  2. Setiap anak berikan satu buah printable media baik huruf atau angka.
  3. Lalu diatas printable, berikan anak selembar kertas transparan dan alat tulis.
  4. Berikan contoh anak untuk melakukan kegiatan menjiplak.
  5. Yang terakhir, biarkan anak mencobanya sendiri.

Selain itu, Skula Edu saat ini juga sedang mengembangkan beragam activity media untuk anak usia dini lewat Skula Kids, salah satunya adalah menjiplak ini. Nantikan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Theme BCF By aThemeArt - Proudly powered by WordPress .
BACK TO TOP
%d bloggers like this: