Small Seo Tools, Situs Cek Plagiarisme Gratis!

Melanjutkan pembahasan mengenai plagiarism checker, sebelumnya pada bagian pertama telah dibahas mengenai Plagscout. Plagscout sendiri adalah salah satu pilihan situs plagiarism checker yang dapat kita gunakan untuk mengecek persentase plagiasi secara detail.  

Small SEO Tools (SST) secara umum adalah situs penyedia tools gratis untuk SEO. Pada halaman awal terdapat berbagai macam tools yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasi sebuah website. Tools tersebut dikategorikan menjadi: text content tools, images editing tools, keywords tools, backlink tools, website management tools, website tracking tools, proxy tools, domains tools, meta tag tools, password management tools, dan online pdf tools.

 Cukup banyak bukan? Namun pada pembahasan kali ini yang akan kita fokuskan untuk dibahas adalah kategori text content tools saja, khususnya plagiarism checker.

Secara umum tampilan yang disajikan oleh situs ini cukup sederhana, tapi karena ini adalah layanan gratis maka jangan heran jika terdapat popup iklan yang ditampilkan. Namun tenang saja, popup iklan yang ada takkan menggangu cek plagiasi yang sedang dilakukan. 

Untuk menggunakan pengecekkan plagiasi 4 cara yang dapat dilakukan yakni; mengcopy-paste text, upload dokumen berekstensi .docx atau .txt dari komputer, mengunggah berkas dari dropbox, dan mengunggah berkas dari google drive. Kali ini penulis menggunakan metode pertama yakni mengcopy text dari artikel yang ditulis kemudian melakukan paste di textbox pengecekkan. Teks yang penulis gunakan sebanyak 964 kata, perlu diperhatikan bahwa limit yang diperbolehkan adalah sebanyak 1000 kata.

Setelah mengcopy-paste, cukup klik check plagiarism dan tunggu beberapa detik maka akan muncul laporan yang diberikan oleh small SEO tools. Laporan yang diberikan cukup baik meliputi: tingkat plagiasi, tingkat keunikan tulisan, deteksi kalimat yang dianggap plagiasi, dan informasi sumber situs dari kalimat yang dianggap plagiasi.

Hasil pengecekkan plagiasi yang penulis dapatkan adalah 48% plagiarism dan 52% unique. Setelah itu, kita dapat membagikan hasil pengecekkan plagiasi melalui facebook, twitter, dan google+. Jika tidak ingin kita bagikan, kita dapat mendownload laporan hasil pengecekkan plagiasi dalam bentuk berkas pdf.

SST (Small SEO Tools) merupakan situs layanan yang cukup populer untuk melakukan optimasi website pada search engine. Layanan ini diprakarsai oleh oleh Tausif Akram pada tahun 2011 yang didirikan di London, Inggris.

 Situs ini memberikan layanan 100% gratis bagi pengguna. Pada halaman pengecekkan plagiasi, website ini memberikan deskripsi mengenai apa itu plagiasi, bagaimana pengecekkan plagiasi dilakukan, seberapa pentingnya pengecekkan plagiasi, dan sebagainya.

Deskripsi ini sayangnya hanya tersedia dalam bahasa inggris, padahal hal ini penting untuk dipahami oleh setiap pengguna mengenai plagiasi sebagai sebuah topik yang penting.

Skula Edu juga memberikan tips bagi kalian yang hendak menggunakan Small Seo Tools ini untuk mengecek plagiasi yang ada dalam karya tulis yang akan dipublikasikan. 

Sejatinya melakukan kegiatan plagiasi sendiri adalah pelanggaran terhadap hak cipta. Dengan melakukan plagiasi, maka kita telah mencuri hasil karya orang lain. Tentunya sebagai akademisi, melakukan plagiasi juga melanggar kode  etik. Mari kita bersama-sama melawan plagiarisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *