Anda adalah seorang akademisi (calon sarjana, calon master, dan calon doktor), penulis buku, copywriter, dan bahkan pegiat antiplagiasi? Mungkin anda tak asing lagi dengan kata plagiarisme. Plagiarisme adalah salah satu bentuk pencurian ide atau karya. Dalam hal karya tulis, plagiarisme bisa hadir di pengambilan data atau kutipan yang tidak menyebutkan sumbernya. Ternyata plagiarisme bisa dideteksi oleh situs-situs penyedia jasa tersebut. Apa saja? Salah satunya adalah Plagscout Online Plagirarism Detector.

Mengenal Aplikasi Anti Plagiarisme

Ya, plagiarisme adalah suatu tindakan mengambil karya orang lain tanpa izin. Pelanggaran plagiarisme ini ternyata sudah cukup merajalela di dunia akademi Indonesia, sehingga banyak universitas yang menerapkan segala karya ilmiah yang masuk harus lolos uji plagiarisme. Lalu bagaimana cara melakukan tes ini? tenang saja, sekarang telah banyak plagiarism checker online gratis yang bisa diakses langsung. 

 Artikel berikut ini akan adalah bagian pertama mengenai  bahasan website yang menyediakan bantuan pengecekkan tingkat plagiasi suatu artikel atau tulisan. Penulis berusaha mengumpulkan data  cara menggunakan plagiarism checker ini melalui metode mencoba masing-masing website. Langkah pertama adalah melakukan sign up pada masing-masing website. Kemudian penulis lakukan uji coba kemampuan untuk mendeteksi plagiasi masing-masing website.

Plagscout, cek plagiasi yang menyedikan fitur gratis dan berbayar

 Secara umum masing-masing website memiliki tingkat akurasi dan kedalaman yang berbeda-beda. Hal ini wajar, dikarenakan layanan versi gratis yang diberikan akan berbeda dengan layanan versi berbayar, dimana versi berbayar menyajikan fitur yang lebih lengkap, akurat, dan mendalam. Untuk lebih lengkapnya tersaji dalam ulasan berikut.

Plagscout merupakan salah satu online plagiarism detector yang cukup handal. Pemeriksaan plagiasi dokumen ditawarkan dalam 2 mode, yakni versi gratis dan versi berbayar. Baik versi gratis maupun yang berbayar anda perlu melakukan pendaftaran menggunakan email (disarankan menggunakan email institusi akademi).

Setelah itu anda hanya perlu memverifikasi aktivasi link yang dikirimkan melalui email. Situs ini memberikan kemudahan dalam menggunakannya dengan memberikan fitur multibahasa (indonesia, cina, india, inggris, korea, arab, dan beberapa bahasa lainnya).

Pada halaman akun anda akan disajikan sebuah halaman dashboard yang sederhana meliputi unggah artikel, tulisan, pembayaran, dan gratis. Pada versi gratis, anda dapat mengunggah artikel yang ingin dilakukan pengecekkan plagiasi. Namun, anda perlu membayarkan sejumlah beberapa dolar untuk melihat laporan plagiasi. Hasil pengecekkan tersebut hanya dapat ditampilkan tingkat prosentase dari plagiasi pada tulisan saja.

Selain itu, tulisan yang anda lakukan pengecekkan dapat anda share melalui email, pengecekkan lagi secara mendalam (harga 1 dolar), dan mempublikasikannya pada situs SCIEEE (semacam situs virtual library). Penulis pada kesempatan ini mencoba fitur publish on SCIEEE menggunakan artikel seminar internasional ICEI (lihat artikel).

Uji Coba Cek Plagiasi Online dengan Plagscout

Pada website plagscout ini, penulis coba lakukan uji coba dengan mengupload file berekstensi microsoft word. 

Sebagai contoh, dari hasil penelusuran plagiarisme paper yang di uji coba oleh penulis menunjukkan data plagiasi sebanyak 48%. Dengan demikian, penulis bisa mengantisipasi dengan melakukan editing ulang pada karya tulisnya agar terhindar dari plagiarisme. 

Untuk mendapatkan laporan yang lebih detail mengenai plagiasi artikel, plagscout meminta pembayaran senilai 3,9 dolar. Namun, jangan khawatir plagscout memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan kredit 1 dolar secara gratis jika membagikan atau mempromosikan situs plagscout melalui email, facebook, twitter, trustpilot, dan sitejaber. Fitur lainnya yang dapat digunakan untuk mendapatkan kredit secara gratis adalah dengan melakukan penerjemahan bahasa. Jika penerjemahan yang dilakukan dinyatakan layak, maka plagscout akan memberikan hadiah bagi pengguna.

Pada versi berbayar plagscout memberikan fitur-fitur yang lumayan lengkap untuk membantu anda dalam memperbaiki kualitas tulisan yang dihasilkan. Secara umum ada 4 report yang diberikan yakni; tingkat kemiripan (dalam prosentase), tingkat parafrase yang buruk, tingkat sitasi yang buruk, dan tingkat kecocokan tulisan dengan situs lain (pendeteksian multibahasa).

Menurut situs plagscout, situs ini menggunakan 14 triliun database (website, jurnal, buku, artikel, dan majalah) untuk melakukan skrining terhadap tulisan kita. Plagscout mengklaim bahwa layanan pendeteksian plagiasi mereka sangat akurat sampai 1000 halaman pada 1 dokumen. Selain itu layanan plagscout telah diakui sebagai pemeriksa tingkat plagiasi secara nasional oleh 3 negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *