Hello sahabat Skula! Pernahkah kita mendengar celotehan anak tentang hal-hal yang ditemuinya sehari-hari? Seperti halnya ketika anak menemui sesuatu yang baru, “Ibu, itu apa sih?” atau “Ma, bola ini sama ya kayak permen tadi?” (red:bentuknya). Ya, pada masa emas dalam kehidupannya anak akan banyak mengisi otaknya dengan beragam pengetahuan sederhana dari lingkungan sekitarnya dan kemudian menghubungkannya dengan benda lain yang pernah ditemuinya. 

Salah satu pengetahuan yang banyak diserap anak adalah mengenali bentuk. Banyak sekali bentuk didunia ini yang hampir ditemui oleh anak setiap harinya dan terkadang bentuk (atau gambar) itu memiliki kesamaan. Kesamaan inilah yang membuat anak terkadang sulit untuk membedakan. Nah, buat semua, Skula Edu akan berbagi inspirasi belajar membedakan bentuk dengan media sederhana yang bisa diunduh secara gratis! 

Dalam artikel ini akan fokus pada mengenal benda dengan membedakan berdasarkan bentuk yang dirupakan dalam media pembelajaran visual persamaan dan perbedaan bentuk dan gambar. 

Mengapa anak harus belajar membedakan bentuk? Membedakan bentuk adalah salah satu aktivitas belajar untuk anak usia 2-4 tahun yang tertuang di Permendikbud no 146  tahun 2014 tentang Pendidikan Anak Usia Dini,”Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan membedakan berdasarkan warna, bentuk, dll”. 

Anak usia 2-4 tahun dimana keinginan mereka untuk belajar tumbuh sangat baik. Dalam lingkungan sekitar, tentu saja mereka mengenali benda-benda disekitar dengan beragam bentuk dan warna. Memperkenalkan anak dengan beragam bentuk benda disekitar akan memperkaya bank data dalam otak anak. Ini juga yang akan membantu otak mereka “saling menyetrum” satu sama lainnya agar dapat hidup dan memproses informasi lainnya. dengan baik. Selain itu, mengajarkan anak usia dini perbedaan dan persamaan bentuk akan dapat mempermudah anak mengenal angka dan huruf.  

Anak-anak sedang beraktivitas bersama. Sumber: www.google.com

Lalu, bagaimana membuat anak dapat belajar mengenali perbedaan dan persamaan bentuk  dengan mudah?

Nah, saatnya Skula Edu memberikan tips dan trik agar anak dengan mudah belajar  persamaan dan perbedaan bentuk. Yuk, simak tips dan trik berikut:

  1. Anak usia 2-4 tahun belum dapat mengenali persamaan atau perbedaan bentuk maupun gambar secara konseptual, maka berikan gambar sebagai media pembelajaran anak.
  2. Memilih gambar yang lucu, disesuaikan dengan umur anak, sesekali selipkan gambar basic (bangun datar segitiga, lingkaran, dsb) pada anak agar anak juga memahami bentuk dasar. 
  3. Berikan penjelasan diawal bagaimana anak dapat belajar ini sambil bermain.
  4. Berikan pujian pada anak apabila dapat menjawab satu persatu dari pertanyaan, sebaliknya jangan memarahinya jika salah. Tenang saja, tidak ada yang sempurna pada awal belajar bukan?.
  5. Sebagai pengajar, atau mommy yang menerapkan kegiatan ini , maka buatlah catatan sederhana mengenai kemajuan anak dalam belajar.     

Lalu bagaimana dengan permainannya itu sendiri? Tenang saja, Admin Skula sudah mempersiapkan sebuah media belajar yang printable untuk sahabat Skula sekalian gunakan. Ini link downloadnya ya Sahabat!

Seri Aktivitas Belajar Anak Mengenal Persamaan dan Perbedaan Bentuk dan Gambar bisa di download disini.

Selamat belajar sambil bermain semua ya Sahabat Skula.

Pertanyaan lebih lanjut bisa memberikan komentar di bawah postingan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *